Kamis, 24 Februari 2011

”Sayembara” Tembus Rekor Sang “Profesor”


Catatan 23 pertandingan tak terkalahkan Manchester United musim 2010/2011 terhenti di tangan Wolverhampton, setelah pada hari Sabtu Tanggal 5 Februari 2011 Manchester United takluk 2-1. Dengan begitu pupus sudah ambisi Sir Alex Ferguson untuk melampaui rekor Arsenal yang tak tertkalahkan dalam 49 pertandingan Liga Inggris. Rekor Arsenal tersebut dicatatkan pada musim 2003/2004 hingga separuh musim 2004/2005. Setelah enam musim berlalu, asa pecahnya rekor tersebut muncul dengan performa Manchester United yang stabil di awal musim 2010/2011. Namun, begitu memasuki akhir Januari dimana Manchester United dihadapi dengan jadwal padat, akhirnya catatan baik di awal musim terhenti.
Skuad Manchester United pada musim ini tidak jauh berbeda kualitasnya dengan skuad Arsenal pada enam musim lalu. Pemain-pemain seperti Rio Ferdinand, Nani, Rooney, dan Berbatov tidak kalah dengan pemain-pemain Arsenal pada enam musim lalu seperti Sol Campbel, Patrick Vieira, Reyes, dan Henry. Namun, kompetisi telah berubah dan berkembang. Mungkin itulah yang mengalahkan Manchester United. Saat ini tim-tim Liga Primer sudah lebih kompetitif. Tim yang berada di jurang Degradasi pun memiliki kesempatan menang yang sama ketika berhadapan dengan tim papan atas. Pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti mengungkapkan, ”Itu mustahil. Ketika Arsenal membukukan rekor tak terkalahkan, tak banyak tim kompetitif.”[1] Ancelotti juga menambahkan, ”Sekarang Liga bukan milik ”The Big Four”, karena kita memiliki tim seperti Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Everton.”[2]
Memang pada Liga yang sudah berkembang seperti sekarang sudah cukup sulit untuk melampaui rekor Arsenal tersebut. Namun, hal itu bukan hal yang mustahil. Tim-tim di liga Primer memiliki peluang yang sama untuk melampaui rekor tersebut. Jadi, saat ini ”Sayembara” tetap berlangsung berbalutkan tehnik dan kreativitas pemain di lapangan hijau. Dan kini saatnya menantikan siapa tim berikutnya yang akan mencoba mendekati dan melampaui rekor arsenal tersebut. (ern, 15-2-2011, 17:22)


[1] Kompas.com/Ancelotti .Mustahil.Patahkan.Rekor.Arsenal.htm/10/2/2011/19:21
[2] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar