Selasa, 17 April 2012

Faktor Wasit Yang Menentukan


Partai semifinal Liga Champions musim 2011/2012 yang mempertemukan antara Barcelona melawan Chelsea pada tanggal 19 April 2012, mengingatkan kembali akan memori semifinal 2008/2009.  Pertandingan yang kala itu meloloskan Barcelona ke final dan menjadikannya juara, sempat mengundang kontroversi. Pertandingan Leg-2 yang menentukan kala itu diwarnai keputusan kontroversial wasit Tom Hening Ovrebo.
Pertandingan yang digelar di Stamford Bridge kala itu sangat menentukan, mengingat pada leg-1 di Camp Nou hasil yang didapat adalah skor kacamata alias 0-0. Chelsea diwajibkan menang di leg-2 serta Barcelonan hanya butuh hasil imbang dengan mencetak gol ke gawang lawan.  Chelsea sempat merajut asa dengan mencetak gol terlebih dahulu lewat tendangan jarak jauh Mikael Essien. Keunggulan Chelsea tersebut bertahan hingga 90 menit waktu normal. Namun, di injury time terjadi dua kejadian yang merubah hasil pertandingan. Menit 92’ Andres Iniesta mencetak gol yang berharga bagi Barcelona untuk menyamakan kedudukan dan mengungguli gol tandang secara agregat.
Dalam kondisi imbang tersebut Chelsea berusaha menyerang gawang Barcelona secara terus menerus hingga keputusan kontroversial terjadi. Wasit yang berdiri di dekat kejadian handball Samuel Etoo di dalam kotak penalty justru membiarkan hal tersebut terjadi tanpa memberi hukuman penalty. Kontan seluruh awak Chelsea melakukan protes hingga masuk ke ruang ganti.
Pertandingan semifinal yang akan digelar pada tanggal 18 April 2012 di Stramford Bridge menghadirkan dendam kesumat yang akan diusung Chelsea akan pertandingan 3 tahun lalu. Wasit kali ini menjadi sorotan. Tidak hanya pertandingan semifinal kali ini saja, beberapa pertandingan yang dilakukan Barcelona sebelumnya menyisakan komentar pedas bahwa sebagian besar wasit lebih memberikan keuntungan kepada Barcelona. Jose Mourinho pelatih Real Madrid mencurigai ada konspirasi untuk meloloskan Barcelona untuk berlaga di Final. jadi, semoga akan terhadir pertandingan seru dan bersih tanpa intrik-intrik di luar sepak bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar