Kamis, 24 Maret 2011

Akhiri Kutukan Lyon


Jose Mourinho menujukkan kelasnya sebagai manager terbaik setelah berhasil membawa klubnya Real Madrid lolos dari babak 16 besar. Real Madrid berhasil menyingkirkan wakil Prancis Olympique Lyonnais dengan agregat 4-1 setelah pada leg-1 pertama di Stade de Gerland bermain imbang 1-1, kemudian pada leg-2 di Santiago Bernabeu berhasil menghempaskan wakil Prancis tersebut dengan skor 3-0. Dengan hasil tersebut, Madrid berhasil menghapus duka selama 7 musim tidak mampu lolos ke babak 8 besar. Terakhir kali Madrid lolos ke babak 8 besar adalah pada musim 2003/2004.
Sukses Madrid tersebut tidak lepas dari peran Jose Mourinho. Pelatih bertangan dingin ini datang ke Bernabeu di awal musim 2010/2011 dengan label juara Liga Champions 2010 bersama Inter Milan. Kehadiran Mourinho  memberikan warna lain dalam tim Madrid, terutama setelah datangnya bintang yang bersinar Piala Dunia 2010 yaitu Mesut Ozil dan Sami Khedira. Real Madrid menjadi lebih percaya diri dalam bermain dan lebih memiliki karakter bermain sebagai tim besar. Hal tersebut dibuktikan dengan menyingkirkan Lyon di babak 16 besar Liga champions, klub yang dalam dua musim terakhir menjadi momok menakutkan bagi Madrid.
Pengalaman Mourinho di Eropa tidak usah diragukan. Porto berhasil ia bawa juara pada tahun 2004. Berikutnya Inter Milan pada tahun 2010. Bukan tidak mungkin musim ini Real Madrid ia bawa meraih juara Liga Champions yang terakhir kali diraih pada tahun 2002. Berdasarkan hasil drawing pada Jumat 18 Maret 2011, Real Madrid harus menghadapi kuda hitam asal Inggris Tottenham Hotspurs yang dengan mengejutkan berhasil menyingkirkan AC Milan. Secara tim, Tottenham tidak bisa dianggap remeh. Dengan materi yang cukup baik Tottenham bukan tidak mungkin akan mengejutkan Madrid. Apalagi dalam tim Tottenham terdapat Raffael Van der Vaart, pemain yang “dibuang” Madrid sebagai imbas kedatangan Ozil dan Khedira. Namun, dari sisi pengalaman Tottenham jelas kalah jauh dari Madrid yang telah meraih 9 gelar Champions. Musim ini merupakan musim perdana Tottenham berlaga di Liga Champions. Jelas peluang Madrid untuk melaju ke babak selanjutnya lebih terbuka, ditambah dengan pengalaman Jose Mourinho di kancah Liga Champions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar